Visi dan Misi

  1. Visi Desa Puron

           “ Terwujudnya masyarakat Desa Puron yang Agamis, Mandiri berbasis pertanian, Berkembang dan Berkelanjutan

 

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita – cita yang akan dituju oleh segenap masyarakat Desa Puron masa mendatang.adapun arti dari kalimat tersebut adalah :

  • PURON : Artinya salah satu  Desa yang berada di wilayah  Kecamatan Bulu
  • AGAMIS : Artinya warga kita diharapkan mempunyai Kepercayaan dan ketaqwaaan yang sangat kuat terhadap Allah SWT dengan menguupayakan dan pembianaan masyarakat melalui pendidikan keagamaan ke masyarakat yaitu Pengajian tiap malam Jum`at, TPA bagi anak – anak, dan Do`a Tahlil Yasinan bagi umat agama Islam Mayoritas masyarakat Desa Puron.
  • MANDIRI : Artinya mengandung pengertian bahwa masyarakat Desa Puron Kecamatan Bulu mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan masyarakat desa lain yang lebih maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berbasis pada keunggulan lokal di bidang pertanian secara luas.
  • BERKEMBANG : Artinya warga kita diharapkan mampu bersaing denganperkembangan zaman sehingga ke depan Desa Puron menjadi lebih maju dan mampu mengikuti perkembangan jaman
  • BERKELANJUTAN : Artinya warga kita diharapkan mampu melanjutkan cita-cita warga tentang Program pembangunan Desa dimasa- masa yang akan datang.

2. Misi Desa Puron

Hakekat Misi Desa Puron adalah merupakan penjabaran dari Visi  yang lebih operatif dari pada Visi  dengan harapan akan menunjang keberhasilan sebuah visi serta dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Puron.

Untuk meraih Visi Desa Puron seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Puron sebagai berikut:

  1. Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan agama, keyakinan, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.
  3. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan pola tanam yang baik.
  4. Menata Pemerintahan Desa Puron yang kompak dan bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat.
  5. Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius.
  6. Menumbuhkan gairah individu-individu yang mau dan mampu menjadi insan yang tangguh dalam pengembangan usaha di Puron Kecamatan Bulu
  7. Mengembangkan potensi masyarakat untuk berdaya guna dan berhasil guna.
  8. Membekali masyarakat dengan teknologi tepat guna mensejahterakan masyarakat desaPuronsehingga terhindar dari kemiskinan

Link Tekait